About Me

Tuesday, January 8, 2013

Cerita Gunung Lokon dan Soputan

Letusan Gunung Lokon

Sulut – Letusan Gunung Berapi Lokon dan Gunung Berapi Soputan terjadi silih berganti saling sahut-sahutan atau istilah orang Manado “Bakuku”.  Biasanya  para anak muda (terutama pria) jika menenggak minuman keras terlalu banyak  akan timbul niat untuk bakuku atau berteriak sekuat mungkin untuk menentang siapa saja yang menghalanginya.
Ini hanyalah sebuah cerita dari perbincangan-perbincangan yang terjadi di masyarakat kota Manado terkait letusan dua gunung berapi di Sulut yang dikaitkan dengan program “brenti bagate” yang digagas Polda Sulut dalam bentuk candaan (bakusedu-bahasa lokal), mungkin untuk melpaskan ketegangan yang dirasakan oleh masyarakat yang terkenal dengan suka bercanda ini.

Letusan eksplosif Gunung Lokon yang melontarkan material-material vulkanik,  selanjutnya Gunung Soputan membalasnya kembali dengan bara api dan semburan abu vulkank setinggi 1500 meter dan baru saja terjadi bunyi letusan Gunung Lokon, malam ini (Rabu,19/9) 2012, yang membuat panik warga Kinilow Kota Tomohon terlebih letusan terjadi pada saat mati lampu, membuat beberapa warga mengumam.

“Adoh…meletus lagi,meletus lagi. Ini Soputan dan Lokon kwa, baku pangge kong bakuku trus, kong kapan ni brenti?,” ujar salah satu warga yang menyatakan bahwa Gunung Lokon dan Gunung Soputan saling sahut-sahutan dan saling menunjukkan keganasannya dan kapan ini akan berhenti.

Warga lainnya menjawab gumaman tersebut,” Supaya dorang brenti, bage jo deng program “brenti bagate”,” celetuknya bercanda sambil tertawa yang artinya supaya sahut-sahutan (bakuku) itu berhenti, sebaiknya hentikan saja dengan program “brenti bagate” atau “stop minum keras”.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Masukkan email anda untuk mendapatkan UPDATE Artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

Translate

Blog Archive

My Friend

Popular Posts

Visitors

Site Info

 

Copyright© 2011 Artikel YohanPedia | Template Blogger Designer by : Utta' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net